Sabtu, 01 Desember 2012

skripsi tehnik managemen komputer d1


BAB I
PENDAHULUAN

1.1        Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan teknologi yang luar biasa cepatnya sehingga mampu memberikan pengaruh besar dalam berbagai aspek kehidupan, baik itu di lingkungan  tempat tinggal, pendidikan (sekolah, perguruan tinggi), dunia bisnis, tempat kerja, dan lain-lain. Kemajuan teknologi mengandung beragam kemudahan yang mudah ditawarkan dan apabila hal ini dapat dimanfaatkan dengan baik maka otomatis akan dapat meningkatkan efektivitas kinerja bagi penggunanya.
Ada empat macam teknologi yang perkembangannya relatif menonjol digunakan pada saat ini, yaitu: teknologi informasi, teknologi pemanufakturan, teknologi transportasi dan teknologi komunikasi. Diantara berbagai jenis teknologi yang berkembang pesat, teknologi informasi mempunyai dampak yang paling dominan terhadap perubahan lingkungan bisnis. Dalam istilah teknologi informasi yang sekarang lazim digunakan banyak orang, sebenarnya merupakan perpaduan antara teknologi komputer, komunikasi dan otomasi kantor yang telah bercampur menjadi satu sehingga sulit untuk memisahkannya.
Peranan teknologi informasi sebagai alat bantu dalam pembuat keputusan bisnis pada berbagai fungsi maupun peringkat manajerial, menjadi semakin penting bagi pengelola bisnis karena kemampuan teknologi informasi dalam mengurangi ketidakpastian.
Teknologi informasi dapat menjadi unsur utama untuk memenuhi tantangan lingkungan organisasi yang cepat berubah, dan bahkan di era globalisasi penggunaan teknologi informasi dapat menciptakan keunggulan yang strategis. Sehubungan dengan hal ini, teknologi informasi merupakan sarana yang penting bagi perusahaan untuk mengantisipasi kebutuhan informasi yang semakin kompleks.
Dengan memanfaatkan sistem informasi, diharapkan suatu perusahaan mampu manggali potensi dirinya dan memanfaatkannya secara maksimal dalam rangka meraih keunggulan di dalam persaingan. Sistem Informasi suatu perusahaan akan dapat berhasil tergantung bagaimana sistem itu dijalankan, kemudahan sistem itu bagi para pemakainya, dan pemanfaatan teknologi  yang digunakan. Selain itu, faktor lain seperti partisipasi juga menjadi pendukung atas suksesnya sistem informasi. Beberapa penelitian yang telah dilakukan oleh para peneliti terkait dengan partisipasi dari pemakai atau pengguna dari sistem informasi adalah : Lau (2005), Irawati dan Wijayanti (2005), Komara (2005), Amrul dan Syar’ie (2005), Sadatamrul (2004), serta Wijaya (2003). Penelitian tersebut menghasilkan suatu kesimpulan bahwa partisipasi pemakai memiliki hubungan positif terhadap suksesnya suatu sistem itu diterapkan dalam suatu perusahaan atau organisasi. Dalam artian apabila pemakai sistem informasi ini mempunyai andil dalam pengembangan teknologi sistem informasi, maka perusahaan atau organisasi akan mengalami perkembangan dalam penggunaan teknologi informasinya.
Komputer menghadirkan subset penting dari teknologi informasi yang mampu meningkatkan kemampuan sistem informasi. Maka, komputer dapat menghadirkan makna informasi yang terstruktur dengan baik.. Komputer mampu memberikan bantuan yang cukup bernilai dalam hal pembuatan keputusan, selain itu komputer juga dapat membantu para penggunanya untuk dapat bekerja lebih cepat, produktif dan efektif.
Berdasarkan uraian di atas, peneliti tertarik untuk mengambil judul “Pengaruh Sistem Informasi Berbasis Komputer  Dinas Cipta Karya dan Perumahan”.
1.2        Perumusan  Masalah
         Dinas Cipta Karya dan Perumahan Kecamatan Tarutung bergerak dalam bidang bangunan yang sehari-hari bekerja secara manual untuk memberikan izin mendirikan suatu bangunan di wilayah Kabupaten Tapanuli Utara dan bekerja secara komputerisasi dengan membuat desain bangunan untuk perumahan rakyat. Sebagai perencana dalam rangka pembuatan desain untuk perumahan rakyat, penggunaan teknologi dengan menggunakan jenis aplikasi seperti Autocad, akan menghasilkan proses pengerjaan lebih efektif, akurat, dan optimal.
Dengan pengamatan sementara penulis merumuskan masalah yang dihadapi sebagai berikut  :
1.             Apakah sistem infomasi berbasis komputer berpengaruh positif terhadap kinerja individu dalam perusahaan?
2.             Untuk mengetahui bagaimana cara kerja sistem informasi dan apa saja kendala – kendala yang dihadapi dalam penggunaannya?




1.3 Tujuan dan Manfaat Penelitian
1.3.1  Tujuan Penelitian
Adapun tujuan penelitian yang dilakukan penulis antara lain :
1.    Untuk mengetahui bagaimana sistem informasi berbasis komputer yang sedang berjalan di Dinas Cipta Karya dan Perumahan kabupaten Tapanuli Utara.
2.    Untuk mengetahui bagaimana cara kerja sistem informasi berbasis komputer dan apa saja kendala-kendala yang dihadapi.
1.3.2 Manfaat Penelitian
Bagi Mahasiswa
a.         Dapat memahami berbagai macam aspek kegiatan kebutuhan system informasi dalam perusahaan.
b.        Untuk mengetahui situasi dan kondisi kerja, baik mengenai sistem maupun mekanisme kerja pada perusahaan yang akan dihadapi kelak.
c.         Dapat mempersiapkan dan membiasakan untuk hidup berdisiplin tinggi, sehingga dapat menghasilkan SDM yang berkualitas dan berdedikasi tinggi.
d.        Dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang diperoleh di bangku perkuliahan ke dunia pekerjaan tempat mahasiswa selama melaksanakan PKL.
e.         Mahasiswa dapat mengetahui lingkungan kerja yang sebenarnya, sehingga dapat menyesuaikan diri apabila terjun langusung ke dunia kerja.



Bagi Perusahaan
a.              Membantu perusahaan dalam menyelesaikan kegiatan- kegiatan perusahaan.
b.             Sebagai bahan referensi ilmu kemajuan teknologi yang digunakan mahasiswa bagi kemajuan kinerja dari sudut pandangan pendidikan.
c.              Sebagai bahan masukan atau usulan perbaikan atau perbandingan bagi perusahaan dalam menyelesaikan beberapa permasalahan. 
Bagi Fakultas (Lembaga Pendidikan)
Memperkenalkan dan membesarkan nama Lembaga Pendidikan yang nantinya dapat meningkatkan kerjasama dan hubungan kerja antara Lembaga Pendidikan dan Perusahaan untuk menciptakan SDM yang berkualitas.

1.4        Sistematika Penulisan
Penulis menyusun laporan ini terdiri atas 4 (empat) bab yang masing-masing dibagi dalam beberapa subbab. Adapun sistematikanya adalah:
BAB I    PENDAHULUAN
Bab ini berisi tentang 4 subbab yaitu Latar Belakang Masalah, Perumusan Masalah, Tujuan dan Manfaaat Penelitian, dan Sistematika Penulisan.
BAB II    TINJAUAN PUSTAKA
Bab ini berisi tentang teori-teori yang berkaitan penyelesaian masalah, termasuk pengertian komputer, pengertian sitem, pengertian system, pengertian informasi, pengertian sistem informasi, pengertian Dinas Cipta dan Perumahan, dan sekilas tentang internet.
BAB III  METODE PENELITIAN
Bab ini akan menjelaskan tentang tipe-tipe penelitian yang dilakukan, lokasi penelitian, teknik pengumpulan data dan analisa data.
BAB IV  GAMBARAN KANTOR
Bab ini berisi tentang Sejarah Berdirinya Kimbangwil, Kewajiban Kimbangwil, Tugas Kimbangwil, dan Struktur Organisasi pada Kimbangwil Kabupaten Tapanuli Utara.
BAB V    ANALISA  DATA
Bab ini berisi tentang analisa pengaruh sistem informasi berbasis computer di Dinas Cipta Karya dan Perumahan, dan bagaimana sistem pegawai bekerja.
BAB VI  KESIMPULAN DAN SARAN
Bab ini berisi tentang kesimpulan dan rekomendasi bagi perkembangan system informasi.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar